Ilmu
2029 Hits

Menyikapi Perbedaan Waktu Shalat Subuh di Indonesia


Pertanyaan:

Assalamualaikum ustadz, bagaimana menyikapi temuan baru, perihal jadwal sholat shubuh yang terlalu cepat 20 menit di seluruh jadwal yang ada di Indonesia. Bagaimana solusinya ustadz? bahkan ada yang sampai setiap sholat shubuh tidak di masjid dgn berdalih tidak sah, karena belum masuk waktunya ? jazakumullah atas jawabannya.

 

Jawaban:

Temuan perihal jadwal sholat shubuh yang terlalu cepat 20 menit di seluruh wilayah di Indonesia sebenarnya sudah lama, tetapi sampai sekarang belum ada solusinya. Karena, mestinya hal seperti itu dibicarakan dengan yang berwenang dalam hal ini Departemen Agama, karena menyangkut hajat masyarakat  luas, sehingga penanganannya diserahkan kepada pemerintah.

Di sisi lain pemerintahpun sebenarnya sudah tahu masalah ini, tetapi karena mereka juga mempunyai landasan-landasan ilmiyah dalam menentukan jadwal sholat hasil penelitian para pakar yang selama ini dipakai oleh masyarakat Indonesia, maka sampai sekarang belum ada perubahan.

Dengan demikian, masalah ini masih pro dan kontra di antara para ulama dan pakar, dan termasuk masalah khilafiyah. Oleh karenanya, masing-masing dipersilahkan untuk mengikuti salah satu ijtihad yang ada.  Bagi yang berpendapat bahwa waktu sholat subuh terlalu cepat 20 menit, silahkan melakukan sholat agak akhir, dan bagi yang masih mengikuti jadwal yang ada, boleh melakukan sholat sesuai jadwal.

Walaupun begitu, diharapkan untuk bisa mencari masjid yang jarak antara adzan dan iqamat kira-kira 20 menit, sehingga dia bisa sholat berjama’ah di masjid dengan tenang tanpa diselimuti keragu-raguan. Bagi yang kesulitan mendapatkan masjid seperti itu, maka insya Allah sholatnya tetap sah, karena mengikuti salah satu pendapat yang ada. Wallahu A’lam.

 

DR. Ahmad Zain An-Najah, MA