Karya Tulis
13302 Hits

Adab-adab Muadzin

Apa saja etika atau adab-adab yang harus diperhatikan bagi seorang muadzin ?

Jawaban :
Seorang muadzin dianjurkan untuk memperhatikan etika atau adab-adab di bawah ini :
1/ Dianjurkan sebelum mengumandangkan adzan ia berwudhu ( bersuci ) lebih dahulu.
2/ Dianjurkan untuk mengumandangkan adzan dengan pelan-pelan dan jelas.
3/ Dianjurkan untuk mengumandangkan adzan dari tempat yang tinggi jika tidak ada alat pengeras suara. Ini dimaksudkan agar suara adzan menyebar lebih luas. Sebagaimana yang pernah dilakukan oleh Bilal, yaitu mengumandangkan adzan dari atas rumah seorang wanita dari Bani Najjar, yang rumahnya kebetulan paling tinggi di sekitar masjid. ( Hadist Hasan Riwayat Abu Daud )

4/ Meletakkan kedua jarinya di kedua telinganya. Sebagaimana di dalam hadist Abu Juhaifah radhiyallahu ‘anhu bahwasanya ia berkata :

رايت بلالا يؤذن واتتبع فاه ها هنا وها هنا واصبعاه في اذنيه

"Aku pernah melihat Bilal mengumandangkan adzan, dan aku mencermati (gerakan) mulutnya kesini dan kesini. Sementara kedua jarinya berada dikedua telinganya. (HR. Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Majah )

5/ Hendaknya muadzin mempunyai suara yang baik dan lantang. Sebagaimana di dalam hadist Abdullah bin Zaid radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rosulullah sholahu ‘alaihi wa as- salam bersabda :

فقم مع بلال فألق عليه مارأيت فاليؤذّن به فإنه أندي صوتا منك

Bangkitlah bersama Bilal lalu sampai kepadanya apa yang engkau lihat, kemudian hendaklah dia mengumandangkannya, karena suaranya (Bilal) itu lebih lantang darimu."(HR.Abu Dawud dan Ibnu Majah)