Karya Tulis
11186 Hits

Mensyukuri Nikmat Malam


فَالِقُ الإِصْبَاحِ وَجَعَلَ اللَّيْلَ سَكَنًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ حُسْبَانًا ذَلِكَ تَقْدِيرُ الْعَزِيزِ الْعَلِيمِ 

Dia menyingsingkan pagi dan menjadikan malam untuk beristirahat, dan (menjadikan) matahari dan bulan untuk perhitungan. Itulah ketentuan Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. “ ( Qs Al An’am : 96 )

Ayat di atas menunjukkan bahwa malam berfungsi untuk mencari ketenangan, yaitu dengan beristirahat di dalamnya.  Sedangkan siang harus dimanfaatkan untuk melakukan segala bentuk aktivitas, termasuk di dalamnya mencari karunia Allah. Hal ini sesuai dengan firman Allah swt :

وَمِن رَّحْمَتِهِ جَعَلَ لَكُمُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ لِتَسْكُنُوا فِيهِ وَلِتَبْتَغُوا مِن فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya. “ ( Qs Al Qashas : 73 )

Adanya malam dan siang merupakan nikmat Allah yang harus kita syukuri dan kita ambil pelajaran dan hikmahnya. Allah swt berfirman :

وَهُوَ الَّذِي جَعَلَ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ خِلْفَةً لِّمَنْ أَرَادَ أَن يَذَّكَّرَ أَوْ أَرَادَ شُكُورًا

“ Dan Dia (pula) yang menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang ingin mengambil pelajaran atau orang yang ingin bersyukur. “ ( Qs Al Furqan : 62 )

Karena malam sebagai waktu yang sangat tepat untuk istirahat, maka Allah menjadikan malam gelap. Kenapa harus gelap ? Apakah tidak bisa istirahat di waktu terang ? Menurut penelitian bahwa tidur di waktu malam atau dalam keadaan gelap sangat bermanfaat bagi kesehatan. Diantara manfaat tersebut adalah sebagai berikut :

Pertama : Tidur malam Dapat Memperkuat Ingatan.

Para ilmuan seperti Jessica D. Payne dari Universitas Notre dan  Elizabeth A. Kensinger dari Boston College menyatakan bahwa tidur dapat membantu menggabungkan dan mengorganisir ulang ingatan, merapikannya dalam otak, serta memilih informasi yang paling menonjol. sehingga bisa membantu menghasilkan ide-ide baru dan kreatif.  Sirkit neuron ketika kita sedang tidur akan teraktivasi, sehingga memori ingatan seseorang akan meningkat.

Selain itu, tidur malam ditengarai dapat memperbaiki metabolisme otak, karena meskipun organ lain beristirahat saat tidur, tapi otak tetap aktif.

Kedua : Tidur Malam Dapat Meningkat Sistem Kekebalan

Disaat seseorang sedang tidur malam, maka hormon pertumbuhan dan hormon imunitasnya akan bermunculan. Hormon ini tidak bisa digantikan dengan tidur di siang hari, karena hormon ini  hanya muncul pada malam hari.

Dengan demikian, tidur malam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena saat tidur tubuh melakukan detoksifikasi dengan cara menghancurkan toksin-toksin yang ada di tubuh

Ketiga : Tidur Malam Dapat Menjadikan Balita Lebih Aktif.

Menurut penelitian sebagian ahli bahwa balita di usia satu dan satu setengah tahun yang waktu tidurnya lebih banyak di malam hari daripada siang hari, dia akan menjadi  lebih baik dalam berbagai bidang kecakapan daripada anak-anak yang tidak banyak tidur di malam hari.
Penemuan tersebut merupakan hasil penelitian yang diselenggarakan oleh Universitas Montreal dan Universitas Minnesota.

Disebutkan dalam penelitian tersebut, bahwa tidur balita berhubungan dengan fungsi kognitif yang tergantung pada struktur  otak yang berkembang cepat dalam dua tahun pertama kehidupan anak. Untuk tidur malam  masa balita dapat  memicu pergerakan aliran efek-efek saraf yang memiliki implikasi-implikasi terhadap kecakapan eksekutif nantinya. Penemuan tersebut dipublikasikan di jurnal Child Development.

Keempat : Tidur Malam Dapat meningkatkan Hormon Melatonin.

Hormon Melatonin adalah zat yang dihasilkan oleh kelenjar pineal di dalam otak dan pembentukannya akan dipicu oleh gelap. Kadarnya paling tinggi ditemukan menjelang pagi hari sekitar jam 02.00 – 04.00 dan paling rendah di sore hari. Maka,  ketika seseorang tidur di bawah sinar lampu, produksi Hormon Melatonin akan semakin berkurang seiring dengan lemah dan kuatnya sinar lampu tersebut.

Adapun fungsi Hormon Melatonin adalah sebagai berikut :

1. Berperan besar terhadap bioritme pengaturan jam tidur tersebut. Oleh karenanya, orang yang bertambah usianya akan semakin sedikit tidurnya, karena hormon melatonin ini alamiah akan mengalami penurunan sejalan dengan bertambahnya usia manusia. Biasanya akan mengalami penurunan yang drastis sekitar usia 40 tahun.

2. Manfaat lain melatonin adalah sebagai anti oksidan yang larut dalam lemak dan air, meningkatkan imun tubuh menimbulkan relaksasi otot dan membantu meningkatkan mood dan menghilangkan ketegangan.

Zat  anti oksidan adalah substansi yang dapat menetralisir atau menghancurkan radikal bebas. Radikal bebas merupakan jenis oksigen yang memiliki tingkat reaktif yang tinggi dan dapat menyerang tubuh.  Radikal bebas secara alami ada di dalam tubuh sebagai hasil dari reaksi biokimia di dalam tubuh.

3. Melatonin juga berfungsi sebagai antioksi dan yang banyak diteliti dalam fungsi kesehatan jantung, anti kanker, gangguan-gangguan endokrin, pencegah proses penuaan termasuk juga pemeliharaan fungsi seksual.

4. Melatonin juga dapat menghambat peningkatan kolesterol sehingga mencegah pembentukan endapan plak yang menyumbat dinding pembuluh darah sehingga baik digunakan untuk menjaga kesehatan jantung.

5. Dalam fungsi kesehatan seksual, melatonin sendiri terkait dengan peningkatan efek endorphin yang dihasilkan oleh tubuh dalam mengatasi stress dan rasa sakit. Endorfin sebagai penenang alami ini turut mengendalikan sensasi kesenangan, kebugaran dan dorongan seks, serta turut memicu produksi hormon-hormon prolaktin atau oksitosin dalam produsi ASI.

Kelima : Tidur Malam Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit

Terjadinya sakit secara umum adalah akibat kurang istirahat, atau kurang gizi, atau pikiran dan hati yang  tidak tenang serta kurang olah raga. Tidur malam adalah salah satu pengobatan dari berbagai penyakit, karena dengan tidur di waktu malam badan bisa istirahat, kekuatan bisa pulih, pikiran menjadi jernih, dan system imun menjadi pulih. Berdasarkan pengalaman penulis juga, ketika sering pusing dan pegal-pegal dalam waktu yang lama, tetapi setelah mempraktekan terapi tidur malam ba’da Isya’. alhamdulillah penyakit itu lenyak seketika.

Keenam : Tidur Malam Merupakan Penentraman Dari Dari Allah swt

Ini sesuai dengan firman Allah swt :

إِذْ يُغَشِّيكُمُ النُّعَاسَ أَمَنَةً مِّنْهُ

“ (Ingatlah), ketika Allah menjadikan kamu mengantuk sebagai suatu penenteraman daripada-Nya “ ( Qs Al Anfal : 11 )

Sebagai salah satu bentuk kesyukuran kita kepada Allah terhadap nikmat malam sebagaimana yang tersebut pada ayat di atas, maka marilah kita gunakan malam tersebut sebagaimana mestinya, sesuai dengan apa yang telah diatur oleh Allah swt, yaitu untuk istirahat dan tidur. Dan biarkan malam yang gelap tetap gelap, apa adanya, tanpa harus kita rubah menjadi terang... apalagi terang benderang. Seandainya kita memerlukan penerangan untuk sesuatu keperluan, maka hendaknya kita memakainya seperlunya saja, tetapi jangan berlebihan.

Dengan pola hidup seperti yang dikehendaki oleh Allah tersebut,  maka kita akan mendapatkan beberapa keuntungan di dunia dan akherat, diantaranya adalah :

Hemat Listrik : Kita diperintahkan untuk hemat dalam segala hal, dan tidak boleh menyia-yiakan sesuatu. Allah swt berfirman :

وَلاَ تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُواْ إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِرَبِّهِ كَفُورًا

“ Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.” ( Qs Al Israa’ :26-27 )

Badan Sehat : Badan kita menjadi lebih sehat, karena aliran listrik ke dalam tubuh kita menjadi lebih sedikit.

Bangun Malam : Keadaan yang gelap tersebut membuat kita untuk segera beristirahat, sehingga pada akhir malam kita bisa bangun.

Adapun waktu malam yang paling ideal untuk tidur adalah sehabis melaksanakan sholat Isya’. Ini sesuai dengan hadist Abu Barzah Al Aslami ra, bahwa beliau menyebutkan :

وَكَانَ يَكْرَهُ النَّوْمَ قَبْلَهَا وَالْحَدِيثَ بَعْدَهَا

“ Dan beliau tidak suka tidur sebelum shalat Isya dan berbincang-bincang sesudahnya. “ ( HR Bukhari dan Muslim )

Hadist di atas memberikan petunjuk agar kita segera tidur ketika sesudah melaksanakan sholat Isya’. Jangan diisi dengan hal-hal yang kurang bermanfaat apalagi hanya sekedar ngobrol.

Di dalam sebuah penilitian disebutkan bahwa malam hari setelah Isya’ sampai sepertiga akhir malam adalah saat tubuh melakukan proses pembuangan zat- zat tidak berguna dan beracun (de-toxin) di  bagian sistem antibodi,  bagian hati, dan empedu. Waktu-waktu seperti ini harus dilalui dalam kondisi tenang atau tidur.

Bila saat itu seorang masih beraktivitas, seperti nglembur kerja, atau seorang ibu rumah tangga  masih memasak atau mencuci piring, maka akan dapat berdampak negatif bagi kesehatan dan kerusakan pada hati.

Kesimpulannya, bahwa malam hari merupakan nikmat dari Allah yang harus kita syukuri dengan memanfaatkannya untuk istirahat di awal malam, dan menjadikannya sebagai terapi dari seluruh penyakit. Kemudian kita lanjutkan dengan bangun di akhir malam, sebagai awal aktivitas kita pada pagi harinya. Wallahu A’lam

Cipayung, 11 Shofar 1432 H, 17 Januari 2011 M

Dr.Ahmad Zain An Najah, MA