Karya Tulis
1895 Hits

Muqaddimah Buku Managemen Waktu dalam Islam

Alhamdulillah segala puji bagi Allah, Rabb alam semesta, yang telah memberikan kepada kita berbagai nikmat. Sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, keluarganya, para sahabatnya, serta para pengikut setianya yang selalu berpegang teguh kepada ajarannya hingga hari kiamat.

Banyak orang gagal dalam menempuh cita-cita hanya karena terjebak dalam empat kata: ”Saya tidak mempunyai waktu”. Sebaliknya, banyak orang yang sukses dalam bidang tertentu, karena dia mampu menyediakan waktu dan komitmen di dalamnya untuk menggapai cita-citanya.

Salah satu penyebab kegagalan umat Islam di dalam memimpin dunia saat ini, karena banyak dari mereka yang membuang-buang waktu begitu saja untuk hal-hal yang kurang penting. Mereka sama sekali tidak menghargai waktu. Padahal ajaran-ajaran Islam sangat menekankan pada umatnya untuk menghargai waktu, bahkan dalam satu surat al-Qur’an, Allah bersumpah dengan waktu karena kedudukannya yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Orang yang tidak mau memanfaat waktunya untuk beramal sholih, aka
n benar-benar akan merugi di dunia dan akherat.

Buku yang di sekarang di tangan pembaca ini, pada asalnya adalah makalah yang dipresentasikan di depan mahasiswa Indonesia di Kairo pada hari Sabtu, tanggal 30 Juni 2007 M. Setelah mengendap selama tujuh tahun, ada keinginan untuk mempublikasikannya dalam bentuk buku, supaya manfaatnya lebih terasa dan masyarakatpun lebih mudah untuk mendapatkannya.

Separuh awal dari buku ini masih seperti aslinya ketika ditulis tujuh tahun yang lalu, kemudian penulis edit beberapa bagian untuk kepentingan penyelarasan kata dan kalimat yang dianggap kurang pas. Kemudian penulis lengkapi dengan Waktumu adalah Hidupmu 9 menambahkan, terutama pada paruh kedua dari buku ini, beberapa bab yang dianggap perlu tentang manajemen waktu.

Tentunya, buku dalam bentuk seperti ini akan menyisakan banyak kekurangan di dalamnya, maka masukan dan perbaikan dari berbagai pihak sangat diharapkan untuk penyempurnaan buku ini.

Semoga karya kecil ini bermanfaat bagi umat, agar mereka bisa bangkit kembali untuk menggapai kejayaannya dengan cara mengatur dan memprioritaskan waktu-waktu mereka untuk hal- hal penting dan bermanfaat bagi umat manusia. Semoga Allah meridhoi dan menjadikannya sebagai pemberat timbangan pada hari kiamat. Amin

Pondok Gede, Jum’at, 12 Jumadil Ula 1435 H/14 Maret 2014 M
Ahmad Zain An-Najah