Karya Tulis
1119 Hits

Tips Ke- 13: Fokus Pada Satu Pekerjaan

            Salah satu faktor yang menunjang keberhasilan dalam bidang apapun juga adalah fokus pada pekerjaan yang sedang dihadapinya. Bagaimana seseorang mau berhasil jika pikirannya bercabang kemana-mana. Sebuah contoh yang sederhana, seorang sopir ketika mengendarai motor atau mobil harus fokus pada jalan yang di depannya. Jika dia melamun dan memikirkan banyak masalah yang menyebabkan dia tidak bisa konsentrasi, kemungkinan besar dia akan menabrak apa yang di depannya.

            Fokus pada suatu pekerjaan akan mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Seseorang yang mudik dari Jakarta menuju tempat tinggalnya di daerah Jawa Tengah umpamanya, dengan mengendarai mobil sendiri… jika dia fokus pada tujuan yang hendak dicapainya, Insya Allah akan sampai di tempat tujuannya dengan hanya menghabiskan waktu kurang dari 12 jam. Sebaliknya, jika dia tidak fokus dan banyak mampir di tempat-tempat yang ia lewati, maka waktu yang dia butuhkan jauh lebih banyak, bisa 15 jam sampai 18 jam.

            Mahasiswa di sebuah Pesantren Tahfidhul Qur’an, jika ingin menghafal al-Qur’an dalam jangka waktu 2 tahun, maka dia harus fokus pada kegiatan menghafal al-Qur’an saja, dan tidak mengerjakan kegiatan lainnya, kecuali sekedar istirahat atau refreshing sedikit untuk menghilangkan kepenatan. Bahkan kalau kosentrasinya dipertajam lagi, insya Allah target 2 tahun tersebut bisa ditempuh 1 tahun dengan ijin Allah subhanahu wa ta’ala.