Karya Tulis
1420 Hits

Tips Ke -15: Kenali Waktu Dimana Anda Lebih Produktif

Kekuatan manusia sangat terbatas, dan dia dalam kondisi berbeda-beda, kadang badan sedang sehat dan fit, pada waktu itu semangat untuk mengerjakan suatu pekerjaan sangat tinggi. Tetapi kadang badan dalam keadaan capai, mungkin karena baru datang dari bepergian, atau penyebab lainnya, pada saat seperti ini, biasanya tidak ada semangat untuk menyelesaikan suatu tugas. Dia butuh istirahat dan santai, hal seperti ini sangat wajar terjadi pada diri seorang manusia.

Oleh karenanya, setiap diri kita harus mengetahui kapan kondisi badannya mempunyai kekuatan penuh dan kapan kondisi badannya melemah. Untuk kemudian membagi tugas-tugasnya sesuai dengan kondisi badannya. Untuk pekerjaan yang sulit dan memerlukan pemikiran yang matang, hendaknya diletakkan pada waktu pagi habis tidur. Pada saat – saat seperti itu pikiran masih jernih dan segar, apalagi didukung dengan udara pagi yang sejuk. Sebaliknya pekerjaan yang ringan, seperti mencari browsing  di internet atau membaca  koran dan melihat berita di TV, bisa dilakukan pada sore hari ketika badan sudah agak capek. Dengan demikian waktu kita akan terpakai secara lebih efektif.

Bayangkan jika hal itu kita balik, pada waktu badan masih segar malah kita pakai untuk duduk-duduk santai sambil menonton TV atau sekedar mengobrol.  Sebaliknya ketika kita sudah capai, malah kita baru mulai menghafal suatu pelajaran atau memikirkan suatu masalah yang rumit…ini akan membuang waktu dan tenaga kita…karena kita tidak bisa memanfaatkan waktu-waktu tersebut secara lebih efektif.