Karya Tulis
1309 Hits

Tips Ke -17: Hindari Hal-Hal Yang Dapat Mengalihkan Perhatian Anda

Anda akan merasa terganggu ketika sedang asyik-asyik bekerja atau sedang menyelesaikan tugas, tiba-tiba datang tamu ke kantor anda tanpa konfirmasi terlebih dahulu. Atau mungkin anda tiba-tiba ditelepon oleh seorang teman yang ingin mengajak ngobrol, atau sekedar ingin makan siang bersama dengan anda. Kalau memang itu bukan waktu yang pas, sebaiknya anda menolak ajakan tersebut dengan cara  halus dan sopan.

Ketika penulis belajar di salah satu pesantren Tahfidz al-Qur’an di bilangan Bogor, pengasuhnya pernah bercerita kepada penulis tentang pengalaman dan perjuangannya di dalam menghafal al-Qur’an. Ketika beliau sedang berkonsentrasi menghafal atau mengulangi hafalannya, dipastikan beliau menghadap tembok dan membelakangi pintu. Jika ada orang yang membuka pintu atau sengaja mengganggunya, beliau lempar dengan sandal…hasilnya beliau mampu menghafal al-Qur’an dengan baik dan hafalan sangat kuat.

Penulis sendiri, jika sedang asyik menulis sebuah makalah, tidak mau diganggu sedikitpun,…karena pikiran ini jika sudah mendapatkan konsentrasinya, sungguh akan bisa menghasilkan banyak hal yang luar biasa…sebaliknya jika  sedang menulis, kemudian terganggu dengan sesuatu , maka buyarlah konsentrasi tersebut…untuk mengumpulkannya memerlukan waktu yang tidak sedikit.