Karya Tulis
1344 Hits

Tip ke – 18: Menganalisa Dimana Anda Menghabiskan Waktu Anda

            Untuk menunjang keberhasilan anda di dalam mengatur waktu, anda harus memahami juga di mana dan kegiatan apa saja yang menyita waktu anda.

            Untuk melakukan hal itu, anda bisa membuat catatan khusus bagi seluruh kegiatan yang anda lakukan selama satu bulan, beberapa banyak waktu yang anda habiskan  untuk mengerjakan tugas kantor, tugas sekolah, pertemuan-pertemuan di dalam organisasi, dan membuka internet. Kalau anda seorang ibu rumahtangga, maka berapa banyak yang anda habiskan untuk pergi ke pasar, memasak di dapur, mengurusi anak, berapa banyak pula waktu yang anda sediakan untuk membaca buku,  membaca al-Qur’an, mendengarkan ceramah, berapa banyak pula waktu yang anda habiskan untuk istirahat dan tidur ?

            Setelah anda mengetahui informasi semacam itu, mulailah anda melakukan perubahan secukupnya, hal-halyang kurang penting mungkin bisa ditinggalkan diganti dengan hal- hal yang lebih penting untuk segera diselesaikan. Sebagai contoh, setelah dilihat dalam catatan tersebut, ternyata anda terlalu banyak di depan komputer, padahal hanya sekedar membaca berita atau mencari informasi yang sebenarnya tidak anda perlukan sekali, maka kurangilah waktu anda di depan komputer.

            Bagi ibu rumah tangga ternyata di dapatkan bahwa pekerjaan di dapur telah menyita banyak waktunya, maka harus ada perubahan untuk mengurangi waktu di dapur, kerjakan hal-ha yang penting saja, tinggalkan perkerjaan tambahan….sisa waktu yang ada bisa anda manfaatkan untuk membaca buku, atau menyelesaikan tugas-tugas lain, dan begitu seterusnya.