Karya Tulis
1523 Hits

Tips Ke -19: Selalu Rencanakan Waktu Untuk Kegiatan Tak Terduga

Salah satu strategis di dalam manajemen waktu, bahwa anda harus memasukkan dalam rencana pembagain waktu anda, sesuatu kejadian yang tidak terduga. Sehingga anda sudah siap ketika hal itu terjadi.

            Hal yang sama, ketika seseorang membuat rencana anggaran satu tahun, baik dalam sebuah negara, organisasi, panitia kegiatan, bahkan dalam kehidupan rumah tangga, biasanya menyediakan anggaran khusus untuk hal-hal yang tidak terduga. Waktu sangat bernilai harganya, sehingga orang-orang Barat menyatakan bahwa time is money ( waktu adalah uang )…jika demikian kenapa anda tidak merencanakan waktu anda, sebagaimana anda merencanakan sebuah anggaran ?

            Penulis teringat ketika salah satu tokoh ulama di Indonesia ini yang rajin menulis berbagai buku keislaman. Beliau bercerita tentang prinsip yang beliau pegang di dalam menjaga waktunya . Jika ada yang mengundangnya untuk mengisi suatu kajian atau undangan apapun juga, paling tidak harus memberitahu enam bulan sebelumnya, kenapa ? karena beliau sudah mempunyai jadwal kegiatan yang paten selama enam bulan ke depan. Jika ada undangan diberitahukan enam bulan sebelumnya, maka beliau bisa menggantikan jam yang ditinggalkan selama menghadiri pertemuan itu dengan menyisipkannya pada kegiatan-kegiatan sepanjang enam bulan tersebut.