Karya Tulis
1410 Hits

Banyak Jalan Menuju Syurga: (6) Pergi dan Pulang dari Masjid

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa  sallam :

منْ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ وَرَاحَ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُ فِى الْجَنَّةِ نُزُلاً كُلَّمَا غَدَا وَرَاحَ

“Barang siapa yang pergi ke Masjid atau pulang (darinya), maka Allah akan menyiapkan baginya satu tempat di syurga sebagaimana ia pergi atau pulang.“  (HR. al-Bukhari, 662 dan Muslim, 669 )

 Pelajaran dari Hadist :

Pertama : Hadits di atas menunjukkan keutamaan sholat berjama’ah di masjid, dan Allah menjanjikan bagi mereka yang secara rutin pergi dan pulang dari masjid suatu tempat yang mulia karena mereka adalah tamu Allah. Sebagaimana seseorang yang bertamu kepada seseorang maka dia akan menyediakan tempat untuk tamu tersebut.

Berkata Ibnu Rajab al-Hambali di dalam Ihktiyar al-Ula fi Syarh Hadits Ikhtisham al-Malai al-A’la  ( 1/6 ) :

والنُّزُل: هو ما يُعدُّ للزائر عند قدومه. وفي الطبراني من حديث سلمان مرفوعاً: " من توضأ في بيته فأحسن الوضوء، ثم أتى المسجد فهو زائر الله تعالى، وحق على المزور أن يكرم الزائر "

An-Nuzul : tempat yang disediakan bagi tamu ketika datang. Di dalam riwayat ath-Thabrani dari hadist  Salman secara marfu’ disebutkan :

“ Barang siapa yang berwudhu di rumahnya dan memperbaiki wudhunya, kemudian mendatangi masjid, maka dia adalah orang yang sedang mengunjungi Allah, dan menjadi kewajiban yang dikunjungi untuk memuliakan pengunjungnya.”

Kedua :    Hal ini dikuatkan dengan hadits Abu al-Mundzir Ubai bin Ka’ab  radhiyallahu ‘anhu  ia berkata :

            كَانَ رَجُلٌ لا أعْلَمُ رَجلاً أبْعَدَ مِنَ المَسْجِدِ مِنْهُ ، وَكَانَ لاَ تُخْطِئُهُ صَلاةٌ ، فَقيلَ لَهُ أَوْ فَقُلْتُ لَهُ : لَوِ اشْتَرَيْتَ حِمَاراً تَرْكَبُهُ في الظَلْمَاء وفي الرَّمْضَاء ؟ فَقَالَ : مَا يَسُرُّنِي أنَّ مَنْزِلي إِلَى جَنْبِ المَسْجِدِ إنِّي أريدُ أنْ يُكْتَبَ لِي مَمشَايَ إِلَى المَسْجِدِ وَرُجُوعِي إِذَا رَجَعْتُ إِلَى أهْلِي ، فَقَالَ رَسُول الله - صلى الله عليه وسلم - : قَدْ جَمَعَ اللهُ لَكَ ذلِكَ كُلَّهُ

“ Ada seorang laki-laki yang saya tidak mengetahui seseorang  lebih jauh ( rumahnya ) ke masjid  darinya. Dia tidak pernah tertinggal satu sholatpun. Dikatakan kepadanya atau saya mengatakan kepadanya : “ Seandainya engkau membeli seekor keledai yang bisa engkau naiki ketika gelap gulita atau ketika sedang panas yang terik ( tentunya lebih baik ). Dia menjawab : “ Saya tidak gembira rumahku dekat masjid, sesungguhnya saya ingin setiap langkahku ketika pergi masjid dan pulang lagi ke keluargaku dicatat ( oleh Allah ). Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : “ Sesungguhnya Allah telah mengumpulkan ( menulis ) semua itu untukmu “ ( HR. Muslim, 663 )

Ketiga : Sesungguhnya berjalan kaki setiap hari, lima kali, pulang dan pergi ke masjid, termasuk salah satu bentuk olah raga yang menyehatkan.  Ada beberapa manfaat kesehatan yang didapat dengan olah raga jalan kaki, diantaranya adalah : 1. Menurunkan berat badan, 2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh  3. Menyehatkan otak dan menjernihkan pikiran , 4. Meningkatkan kebugaran tubuh, 5, Mencegah serangan jantung, 6. Mencegah osteoporosis,7. Mengurangi risiko terkena kanker payudara , 8. Membantu mengurangi stress.