Karya Tulis
1190 Hits

Banyak Jalan Menuju Syurga: (8) Adzan di Tempat Terpencil

Dari ‘Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

يَعْجَبُ رَبُّكَ عَزَّ وَجَلَّ مِنْ رَاعِي غَنَمٍ فِي رَأْسِ الشَّظِيَّةِ لِلْجَبَلِ يُؤَذِّنُ بِالصَّلَاةِ وَيُصَلِّي فَيَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ انْظُرُوا إِلَى عَبْدِي هَذَا يُؤَذِّنُ وَيُقِيمُ يَخَافُ مني قَدْ غَفَرْتُ لَهُ وَأَدْخَلْتُهُ الْجَنَّةَ

Rabb kalian merasa ta’ajjub ( bangga ) terhadap seseorang pengembala kambing di sebuah puncak bukit yang mengumandangkan adzan shalat dan mengerjakan sholat. Maka Allah yang Maha Perkasa lagi Maha Mulia berfirman : " Lihatlah hamba-Ku itu, dia mengumandangkan adzan dan iqomah karena merasa takut kepada-Ku. Sesungguhnya aku telah mengampuninya dan memasukannya ke syurga." ( HR. Abu Daud, 1203, Ahmad, 17442, Ibnu Hibban, 1660, Berkata Syu’aib al-Arnauth : Isnadnya Shahih )

Pelajaran dari Hadits :

Pertama : Allah ta’ajub dan bangga dengan seorang hamba yang taat dan melaksanakan perintahnya secara ikhlash tanpa pamrih, walaupun kadang amal perbuatan tersebut dipandang remeh oleh sebagian orang.

Kedua : Menunjukkan keutamaan adzan dan iqamah, dan bahwa orang yang selalu mengumandangkan adzan dan iqamah akan mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah sampai Allah memasukkannya ke dalam syurga.

Ketiga : Menunjukkan bahwa seorang muslim hendaknya selalu mentaati Allah di mana saja, walaupun di tempat yang paling sepi dan tidak ada seorangpun yang melihatnya. Karena yang melihat dan menilai suatu amal perbuatan adalah Allah saja, bukan yang lain.

Keempat : Hendaknya seorang muslim menjaga keikhlasan dalam beramal, karena dengan keikhlasan tersebut Allah akan membalasnya dengan syurga.

Kelima : Menunjukkan bahwa kebanyakan manusia beramal karena ingin dilihat dan dipuji orang lain, sehingga sangat sedikit yang terus istiqamah di dalam beramal jika di tempat yang terpencil. Maka Allah sangat bangga dengan hamba-Nya yang tetap istiqamah walaupun tidak dilihat orang

Keenam : Hendaknya kita tidak meremehkan amalan yang kelihatannya kecil dan remeh, yang kadangkala justru yang dianggap kecil dan remah itu  menyebabkan seseorang  mendapatkan kemuliaan yang sangat besar di sisi Allah.

Ketujuh : Ada beberapa amal shaleh yang bisa menghapus dosa-dosa seseorang, termasuk di dalamnya adzan dan iqamah yang diniatkan ikhlas karena Allah

Kedelapan : Allah mengampuni dari hamba-hamba-Nya yang dikehendaki-Nya dan Dia-lah satu-satunya yang berhak mengampuni dosa hamba-hamba-Nya.